Konsep Biaya
Biaya (cost) adalah pengorbanan sumber daya yang dilakukan untuk memperoleh manfaatBeban (expense) adalah biaya yang dibebankan (matched) dengan pendapatan (revenue) dalam suatu periode akuntansi.
Obyek Biaya (Cost Object) adalah unit atau aktivitas dimana biaya diakumulasikan dan diukur. Unit atau aktivitas itu dapat berupa: produk, order, departemen, divisi, proyek.
Traceability of Cost to Cost Object menghasilkan:
- Direct Cost (Biaya langsung)
- Indirect Cost (Biaya tidak langsung)
KLASIFIKASI BIAYA
Biaya Pabrikasi/Manufacturing Cost diklasifikasikan dalam:
- Bahan Langsung (Direct Material).
- Tenaga Kerja Langsung (Direct Labor).
- Biaya Overhead Pabrik (Factory Overhead) yaitu biaya selain bahan langsung dan tenaga kerja langsung.
- Biaya Pemasaran yaitu biaya yang diperlukan untuk memperoleh pesanan dan menyediakan produk bagi pelanggan
- Biaya Administrasi yaitu biaya yang dibutuhkan untuk mengelola organisasi dan menyediakan dukungan bagi karyawan
Conversion Cost (Biaya Konversi) adalah jumlah tenaga kerja langsung dan overhead pabrik
Volume Produksi diklasifikasikan dalam:
- Biaya Variabel yaitu biaya yang berubah secara proporsional sesuai dengan volume kegiatan.
- Biaya Tetap yaitu biaya yang tidak berubah karena perubahan volume kegiatan dalam rentang yang relevan
- Biaya Campuran yaitu biaya yang mempunyai komponen variable dan tetap
- Common Cost (Biaya bersama) yaitu biaya yang berasal dari penggunaan fasilitas atau jasa oleh dua departemen atau lebih.
- Joint Cost (Biaya Gabungan) yaitu biaya yang terjadi dalam proses produksi yang menghasilkan dua atau lebih produk jadi.
Periode Akuntansi diklasifikasikan dalam:
- Capital Expenditure (Belanja Modal) yaitu biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh manfaat lebih dari satu periode akuntansi.
- Revenue Expenditure (Pengeluaran Pendapatan) yaitu biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh manfaat pada periode akuntansi yang sama dan dicatat sebagai beban.
Pengambilan Keputusan, Pelaksanaan, dan Evaluasi diklasifikasikan dalam:
- Differential /Marginal/Incremental Cost yaitu perubahan biaya sebagai akibat pemilihan alternatif tindakan tertentu.
- Opportunity Cost (Biaya kesempatan) yaitu pendapatan/manfaat yang hilang apabila alternatif tertentu dipilih
- Sunk Cost yaitu biaya yang telah dikeluarkan dan ternyata tidak relevan dengan keputusan
- Avoidable dan Unavoidable Cost
- Controllable/Uncontrollable Cost
No comments:
Post a Comment